Mitos atau Fakta: Ambeien Adalah Penyakit Keturunan

Apr 5, 2020

Apakah Ambeien Keturunan?

Ambeien atau dikenal juga dengan sebutan Hemoroid adalah suatu kondisi medis yang umum terjadi. Namun, banyak orang masih belum memahami apakah ambeien benar-benar dapat diturunkan dari generasi ke generasi.

Penjelasan Tentang Ambeien dan Faktor Keturunan

Bagi sebagian orang, terdapat kepercayaan bahwa kemungkinan menderita ambeien bisa bersifat keturunan. Namun, faktanya, ambeien sendiri lebih banyak dipengaruhi oleh sejumlah faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami gangguan ini.

Mitos dan Fakta seputar Ambeien

Terlepas dari pandangan umum, mari kita telaah beberapa mitos dan fakta seputar ambeien dan hubungannya dengan keturunan:

1. Ambeien Benar-benar Keturunan?

Sebagian besar ahli kesehatan setuju bahwa ambeien biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan dan kebiasaan hidup, bukan disebabkan semata-mata oleh genetika. Walau begitu, ada kemungkinan bahwa faktor keturunan juga dapat memengaruhi kecenderungan seseorang untuk menderita ambeien.

2. Pengaruh Keturunan pada Risiko Ambeien

Adanya rincian genetik tertentu yang diperoleh dari orangtua dapat mempengaruhi rentan seseorang terhadap masalah pencernaan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko mengalami ambeien.

Pencegahan dan Pengobatan Ambeien

Meski demikian, terlepas dari faktor keturunan, ada berbagai langkah yang dapat diambil untuk mencegah dan mengobati ambeien, termasuk di antaranya adalah:

  • Menerapkan pola makan sehat dan seimbang yang kaya serat
  • Menjaga berat badan yang ideal
  • Menjaga kebersihan daerah sekitar anus
  • Berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat

Keputusan Akhir

Dengan demikian, meskipun sebagian faktor risiko ambeien mungkin dapat turun-temurun, namun pengetahuan dan tindakan pencegahan yang tepat dapat membantu kita mengurangi kemungkinan mengalami masalah ini. Jadi, informasikan diri Anda, lakukan pola hidup sehat, dan tetap konsultasikan segala hal terkait kesehatan Anda dengan tenaga medis terpercaya.