Puasa Tarwiyah pada 27 Juni 2023

Jul 29, 2020
Penawaran Terbaik

27 Juni 2023 akan menjadi hari yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari itu, umat Muslim akan dianjurkan melaksanakan puasa tarwiyah sebagai awal dari ibadah puasa Ramadhan. Puasa tarwiyah memiliki makna dan keutamaan yang sangat dalam bagi umat Muslim yang melaksanakannya. Inilah bacaan niat serta informasi lengkap terkait puasa tarwiyah pada 27 Juni 2023 yang perlu anda ketahui.

Apa Itu Puasa Tarwiyah?

Puasa tarwiyah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah. Puasa ini dilakukan sebagai persiapan sebelum memasuki pelaksanaan ibadah haji atau setelah menjalankan ibadah haji. Pada hari itu, umat Muslim dianjurkan untuk berpuasa sebagai bentuk rasa syukur dan penyerahan kepada Allah SWT.

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah

Untuk melaksanakan puasa tarwiyah pada 27 Juni 2023, umat Muslim perlu mengucapkan niat dengan khusyuk dan ikhlas. Berikut adalah bacaan niat puasa tarwiyah yang dapat digunakan pada saat memulai ibadah puasa ini:

Niat Puasa Tarwiyah 27 Juni 2023:اَللّٰهُمَّ اِنِّى نَوَيْتُ صَوْمَ طَرْوِىَةِ ٢٧ يُونِيُو ٢٠٢٣؛ لِرُوكَة";

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Puasa tarwiyah memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim yang melakukannya. Selain sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, puasa tarwiyah juga memberikan kesempatan untuk membersihkan jiwa dan memperoleh banyak pahala. Allah SWT sangat menyukai ibadah puasa tarwiyah dan akan memberikan ganjaran yang berlipat ganda kepada hamba-Nya yang melakukannya dengan ikhlas dan tulus.

Kesimpulan

Melaksanakan puasa tarwiyah pada 27 Juni 2023 adalah suatu keharusan bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dengan mengikuti anjuran dan tata cara yang benar, umat Muslim akan memperoleh banyak manfaat dan pahala. Jadikanlah ibadah puasa tarwiyah ini sebagai wujud syukur dan kesempurnaan dalam melaksanakan ajaran agama Islam. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai amal ibadah kita. Aamiin.