12 Sunnah Wudhu

Aug 26, 2019

Menjadi seorang Muslim, kita dianjurkan untuk menjalankan ibadah wudhu sebelum melaksanakan shalat. Wudhu sendiri merupakan tindakan membersihkan tubuh secara ritual sebagai salah satu persiapan sebelum beribadah. Namun, tahukah Anda bahwa selain tata cara wudhu wajib, terdapat juga sunnah-sunnah dalam berwudhu yang sangat dianjurkan untuk dilakukan? Dalam artikel ini, kami akan membahas 12 sunnah wudhu beserta penjelasannya dalam agama Islam.

Sunnah Pertama: Niat dan Membaca "Bismillah"

Sebelum memulai wudhu, hendaklah berniat di dalam hati untuk membersihkan diri dari hadas kecil atau hadas besar. Selain itu, bacalah "Bismillah" sebelum memulai wudhu untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Sunnah Kedua: Mencuci Tangan Sebanyak Tiga Kali

Sunnah yang kedua adalah mencuci tangan sebanyak tiga kali sebelum memasukkan tangan ke dalam wadah air untuk memulai wudhu. Hal ini dilakukan untuk membersihkan tangan secara menyeluruh sebelum melanjutkan wudhu.

Sunnah Ketiga: Berkumur-kumur dan Memasukkan Air ke dalam Hidung

Berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung adalah sunnah yang dianjurkan ketika melakukan wudhu. Ini dilakukan sebagai upaya membersihkan mulut dan hidung dari kotoran sebelum melanjutkan proses wudhu.

...